Subscribe:

Pages

Pecel Jenewa



Pecel Pincuk Wonk Jenewa..

Pecel… Nama makanan yang satu ini emang Indonesia bangget..!! Dimana-mana rasanya tidak sulit untuk menemukan aneka sayuran rebus dengan siraman bumbu kacang diatasnya. Rasanya yang khas dan Indonesia bangget itu bikin pecel identik dengan Indonesia. Hampir semua suka makan pecel, sebagai pelengkap nasi atau langsung di gado sama-sama enak. Penyajianya yang mudah dan rasa yang sesuatu bikin siapapun nggak bakalan nolak bersantap dengan makanan yang satu ini. Mau sarapan kek, makan siang kek, pun makan malam ayo saja. Meski kadang saya sendiri suka ngerasa “aneh” makan pecel malem-malem, tapi ternyata banyak juga kok warung yang nawarin pecel sebagai menu utama mereka di malam hari. Trus hubunganya sama Jember..??? Yuuuuk mari dilanjut …

Di kota tercinta ini yang jualan pecel banyak. Mulai dari warung pinggir jalan yang kaki lima sampai resto, bahkan hotel di Jember juga nawarin pecel sebagai menu sarapan tamu yang menginap. Mau rasa yang bagaimana juga ada.. Kamsudnya kita mau makan pecel yang “mewah” atau yang “sederhana” agag.. Mewah disini adalah pecel yang lengkap dengan pernak pernik tambahan lauk dan teman-temanya itu yang juga mewah hehe… biasanya tambahan gudeng, opor ayam, daging empal dan bumbu kacang yang kental adalah ciri pecel mewah. Nah kalau bumbu kacang yang disiram ke atas sayuran rebus encer saya bisa pastikan kalau itu pecel sederhana agag… apalagi teman nya juga sederhana.. paling banter telur ceplok dan kerupuk Tapiiiiiii…. Diantara yang sederhana itu ada juga yang special loh … Salah satunya Pecel Pincuk Wonk Jenewa..!

Saya sudah dengar lama soal pecel pincuk yang ada di daerah Jenggawah itu. Pun Mas Joni Budi Utomo juga sudah pernah kabar-kabari lewat Jember Banget dot COM . Entah kenapa rasanya kok kurang afdol kalo pengalaman saya makan pecel pincuk kemaren pagi itu nggak saya share ke sahabat JB.

Pagi itu nggak tau kenapa tiba-tiba kepikiran buat sarapan pecel pincuk di Jenggawah. Pengalaman beberapa sahabat yang lebih dulu makan satu hari sebelumnya dalam perjalanan menuju Papuma bikin saya mupeng. Taraaaaaa…. Sampai juga saya di warung sederhana itu. Baru saja turun dari motor dan mau duduk saya sudah disodori pincuk berisi nasi lengkap dengan lauk pauknya.. padahal pantat ini (maaf) belum sempet duduk di bangku agag..

“Darimana tau kalo mau makan pecel..?? meskio perak dodolan pecel” Maksudnya kok ya nggak nanya mau lauk apa.. tambah apa.. nggak pake apa..?? agag… Syukurlah saya nggak ribet urusan makanan… nggak pake acara jangan pake ini.. gak usah pake itu..

Coba liat penampakan foto nasi pecelnya deh… Kalau anda bilang biasa saja… mungkin. Buat saya yang notebene suka sama segala hal yang berbau alami alias natural… Makan nasi pecel dengan pincuk dari daun itu KEREN BANGGET…!! agagag.. Norak ya..?! gak papalah… Sensasinya beda, pun nasi nya jadi lebih harum karna beralasakan daun pisang. Yaaaa…. Saya pencinta makanan yang disajian dengan daun pisang. Beli gudeng lumintu atau nasi pecel Bu Ani (tulisan saya yang lain) pun saya lebih ngerasa enak kalau dibungkus yang ada unsur daun pisangnya

Pecel Pincuk Wong Jenewa yang saya sambangi itu… terdiri dari nasi, pecel, sayur labu santan, keripik tepung (tanpa da tambahan kacang atau ikan teri), dan telur ceplok plus kerupuk. Nggak ada tambahan sambal dan lauk lainya. Pilihan telur rebus yang dibumbu sama seperti sayur labunya bisa jadi pilihan lauk kalau anda nggak mau telur ceplok. Betul itu saja…. Bumbu pecelnya pun nggak kental nggak juga encer. Jangan harap bias nambahin daging empal, telur puyuh, atau gudeg disini ya, Cukup itu saja. Rasanya…?? Buat saya pas dan cukupan. Bikin kenyang pastilah.. nggak tau kalau porsi makan anda dobel hehe… Sebagai penutup air mineral gelasan atau teh hangat bisa dipilih. Meski sederhana… jangan Tanya soal pengunjung warung ini… waktu saya datang saja.. rasanya nggak henti-hentinya orang beli pecel pincuk baik yang makan ditempat atau dibawa pulang. Dengan bayar Rp. 5000 perposri sudah bikin hati senang dan perut kenyaaaang agag..

Mampirlah ke warung yang ada di JL Jenggawah sebelum lampu merah perempatan itu. Kalau dari arah Ajung sebelah kiri. Nggak usah khawatir kalau anda baru dan belum pernah ke Jenggawah, atau pas kebetulan lewat jalan itu hari minggu dan hari libur. Selain mudah dicari warung ini non stop jualan tiap hari mulai pagi sampai jam 10, senin sampai minggu. Anda baru tidak bisa sarapan disini pas bulan puasa, karena si Ibu bakalan istirahat 1 bulan penuh.

Jangan lupa kalau ke Jenggawah mampir yo Rek…!!! Agagag…