Subscribe:

Pages

MICKEY MOUSE PUNYA SEJARAH




Mickey Mouse tak bisa lepas dari perkembangan dunia kartun. Serialnya sudah sangat melekat di hati para pemirsa kartun. Film yang mengisahkan perseteruan abadi anjing dan kucing ini telah menjadi ikon yang sangat kuat. Tak hanya hadir di layar film, merchandise tokoh Mickey Mouse juga sudah terjual banyak sekali, baik yang asli lisensi Walt Disney maupun tiruan.

Sejarah Mickey Mouse ini dimulai dari lahirnya film animasi pertama berjudul ‘Humorous Phases of Funny Faces’. Film ini dibuat tahun 1906 oleh kartunis Amerika, J Stuart Blacton. Film ini mempertemukan Stuart dengan Walt Disney yang pada tahun 1919 bikin kartun berjudul Ub Iwerks. Pertemuan keduanya lantas memunculkan ide untuk membangun bisnis.

Tahun 1923 The Walt Disney Company didirikan. Dari perusahaan inilah pada tahun 1927 kemudian muncul ide untuk membuat kartun lucu dengan tokoh tikus. Maka lahirlah kartun berjudul ‘Mortimer Mouse. Kemudian istri Walt, Lillian, meyakinkan bahwa nama judul itu akan lebih bagus kalau diganti Mickey Mouse. Lillian berhasil, maka Mortimer Mouse kemudian berubah nama jadi Mickey Mouse.

Situs time.com menjelaskan bahwa pada 18 November 1928 Mickey Mouse tampil di film layar lebar. Premiere film ini diputar di New York. Di akhir tahun tersebut sosok Mickey Mouse sudah sangat terkenal dan digemari. Merchandisenya pun sudah mulai banyak beredar. Saat itu pula lahir Mickey Mouse Club, yang menjadi wadah para penggemar kartun tersebut.

Di tahun 1935, seorang animator muda bernama Fred Moore menyempurnakan karakter Mickey Mouse. Dengan sentuhan sedikit si sana-sini, karakter Mickey Mouse makin kuat. Dan di tahun ini pula, Mickey Mouse untuk pertama kalinya tampil dalam film berwarna. Karena selama ini banyak melihat sosok Mickey Mouse dalam warna hitam-putih, publik banyak mengritik tampilan Mickey Mouse yang berwarna. Namun akhirnya mereka nyaman.

Perkembangan Mickey Mouse semakin positif. Pada tahun 1937, Disney Studio membuat sekitar 12 serial pendek Mickey Mouse. Dan suara Mickey Mouse dibuat sedikit melengking. Respons publik terus bertambah positif. Di tahun 1950, Mickey Mouse punya taman hiburan, dan koran berisi komik strip. Kemudian The Mickey Mouse Club juga semakin sering muncul di televisi.

Keberadaan The Mickey Mouse Club ini rupanya juga memberi banyak manfaat bagi para anggotanya. Kemunculan wadah ini di berbagai siaran televisi menjadikan para anggotanya juga dikenal publik. Dari klub ini lahir beberapa bintang muda seperti Annette Funicello dan Justin Timberlake.

Selain menyajikan Mickey Mouse, Disney juga banyak membuat film-film animasi yang lain. Hal ini menjadikan nama Mickey Mouse sempat redup. Barulah pada tahun 1980-an awal nama ini dibangkitkan lagi dengan serial-serial baru. Begitu dibangkitkan lagi, ternayat brand awareness Mickey Mouse langsung menanjak, meksi hanya menyentuh angka 98 persen dari masa keemasannya.

Karakter Mickey Mouse menjadi kekuatan yang sangat dominan untuk mendukung bisnis Walt Disney. Di tahun 1997, setelah mengalami pasang surut, Mickey Mouse masih mampu menyubang sekitar 40 persen pendapatan Disney. Hingga saat ini, karakter tersebut masih saja diingat banyak orang, meski tak sekuat sebelumnya.