Subscribe:

Pages

PERANGKAP TIKUS TERDAFTAR DENGAN 4.400 PATEN












Perangkap adalah alat sederhana yang sudah digunakan manusia sejak masa prasejarah. Peralatan ini diperlukan untuk mendapatkan binatang yang bisa dimakan, atau sekadar untuk mematikan binatang-binatang predator yang merugikan manusia. Penggunaan perangkap binatang makin luas saat manusia mulai memerlukan bahan penutup tubuh. Kulit binatang banyak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.






Kini, perangkap lebih banyak digunakan untuk mendapatkan binatang-binatang predator, atau binatang khusus yang liar untuk keperluan riset. Perangkap tikus termasuk salah satu jenis perangkap yang sangat populer digunakan. Binatang ini seperti dua sisi mata pisau. Sebagian manusia menangkapnya lalu dimatikan karena dianggap hama. Sebagian lain menangkapnya untuk riset karena sifat mamalianya mirip manusia.






Perangkap tikus juga sudah dibuat sejak zaman dulu kala. Cuma, makin hari bentuk desain dan cara kerjanya terus disempurnakan. Bentuk perangkap tikus yang menggunakan pegas seperti kita kenal sekarang ini, merupakan hasil evolusi panjang peralatan tersebut. Sejauh ini, perangkap yang cara kerjanya mengandalkan gaya pegas dianggap paling aman untuk memenuhi dua jenis kebutuhan: riset dan pemberantasan hama.






John Mast, warga Lancaster, Pennsylvania, dinobatkan sebagai penemu perangkap tikus pegas itu. Dia membuatnya pada tahun 1895 dan kemudian dibuatkan paten. Perangkap tikus buatan Mast ini, menurut www.madehow.com, bekerja paling cepat dan efektif dibanding perangkat lain. Tikus yang terjerat perangkap ini pun hampir tidak punya kemungkinan untuk lepas lagi.






Temuan Mast ini pun dalam waktu singkat menyebar, meski tidak memanfaatkan media promosi. Hal ini member keuntungan besar bagi Mast. Dia menjual temuannya itu kepada Oneida Community Ltd tahun 1907. Oneida adalah perusahaan perabotan yang terbuat dari perak. Namun dengan temuan Mast, perusahaan ini lantas mendiversifikasi produknya dengan perangkat berbahan baja, termasuk perangkap tikus.






Mulanya, produksi perangkap tikus Oneida hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan New York. Namun permintaan terus berdatangan dari tempat-tempat lain. Bisnis perangkap tikus lantas jadi unit yang memberi banyak keuntungan. Perusahaan yang kemudian melirik bisnis tersebut pun bertambah. Produksi mereka pun bertambah terus. Di tahun 2000-an, pabrik perangkap tikus Woodstream, di Litiz, Pennsylvania, mampu memasarkan 10 juta perangkap tikus per tahun.






Paten perangkap tikus yang dibuat Mast kemudian merangsang banyak orang untuk memodifikasinya dan membuat paten baru. Hingga saat ini, sudah terdapat sekitar 4.400 paten yang tercatat di Kantor Paten Amerika. Namun demikian tidak semua paten perangkap tikus itu mewujud jadi alat dan bisa dijual serta menguntungkan. Paling tidak Cuma sekitar 25 paten yang kemudian bisa menghasilkan perangkap tikus yang layak pakai dan menghasilkan keuntungan.






Tahun 1924, sebuah perusahaan pembersih gedung di Iowa secara agresif juga mengembangkan produk ini. Dia kemudian membuat perangkap yang disebut ‘Catch-All Multiple Catch Moustrap’. Bahan baku yang digunakan untuk membuat peralatan ini pun dia kembangkan. Tidak hanya logam, perusahaan ini juga membuat perangkap plastik. Hasilnya, dalam waktu singkat dia bisa memasarkan produknya ke 14 negara. Begitu pesat penggunaan dan pengembangan alat perangkap tikus.







Posted in: Lainnya