Subscribe:

Pages

trik perawatan ikan hias kesayangan anda ikan koi


Gambar  trik perawatan ikan hias kesayangan anda ikan koi
.Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang menggunakan kolam sebagai medianya. Ikan ini masih tergolong sebagai bagian dari ikan Mas, terlihat dari bentuk tubuh kedua jenis ikan tersebut yang memiliki kemiripan. Hanya saja, perbedaan terletak pada warna dan motif kedua ikan tersebut.
Bagi kalangan tertentu, memelihara ikan koi bukan sekedar sebagai aksesoris yang mempercantik penampilan rumah mereka. Ikan tersebut dianggap bisa membawa keberuntungan dan rejeki bagi pemeliharanya, terutama untuk jenis koi tertentu. Namun, hal tersebut hanyalah sebuah mitos di mana tidak semua orang yang memelihara koi memiliki kepercayaan serupa.
Apalagi kini trend memelihara ikan koi makin banyak berkembang di masyarakat. Hal ini karena ikan ini relatif mudah untuk dipelihara, dan selain itu ikan koi bisa dijadikan lahan bisnis yang cukup menjanjikan keuntungannya. Apalagi, modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar.
Untuk mendapatkan bibit ikan koi pun kini tidak lagi sesulit awal kemunculan ikan ini. sentra-sentra pembibitan ikan koi kini sudah banyak tumbuh hingga ke wilayah pinggiran. Di tempat tersebut, selain bisa mendapatkan bibit koi yang berkualitas kita bisa belajar tentang teknik perawatan ikan koi yang benar pada ahlinya.

Merawat Ikan Koi
Agar ikan koi yang kita pelihara bisa berkembang dengan baik dan sehat sesuai harapan, tentu tidak bisa sembarangan dalam proses perawatannya. Pemilik koi harus memiliki pengetahuan yang cukup, sebelum memulai untuk memelihara ikan yang warnanya cukup menyejukkan mata ini. Hal ini demi menghindari ikan koi tersebut mati, sehingga kita kehilangan modal yang sudah kita keluarkan untuk membeli ikan-ikan tersebut.
Beberapa langkah yang harus diperhatikan saat hendak memelihara ikan koi di antaranya adalah :
  1. Mengetahui aneka jenis ikan koi. Dalam literatur para penggemar koi, ada beberapa hal yang menjadi dasar pembagian jenis ikan koi. Di antaranya didasarkan pada jenis kulit, warna dan juga pola yang ada pada ikan koi tersebut.
  2. Sirkulasi air. Hal ini merupakan hal utama untuk diperhatikan, karena ikan koi harus berada di lingkungan yang airnya selalu bergerak dan dalam kondisi bersih. Jika sirkulasi air ini terganggu, maka akan berdampak pada kesehatan ikan koi itu sendiri, seperti menjadi stres atau warna yang kurang sesuai harapan.
  3. Filter air. Digunakan untuk menyaring semua kotoran yang ada agar tidak masuk ke dalam kolam. Karena dengan adanya kotoran di kolam selain mengganggu pemandangan juga dikhawatirkan membawa penyakit.
  4. Ornamen kolam. Keindahan Koi terletak pada kulitnya, sehingga ornamen kolam harus dibuat dengan model yang tidak menimbulkan resikokerusakan pada kulit ikan koi seperti tergesek.
  5. Pompa air. Pilihlah pompa air untuk supply air yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. sehingga tekanan air yang dihasilkan tidak terlalu deras yang bisa menyebabkan ikan koi kurang bisa bergerak dengan bebas.
  6. dan untuk melaksanakan itu semua memang sulit bagi anda yang belum mengerti cara merawat ikan koi, karena itu untuk mencari solusi yang terbaik adalah menghubungi opik aquarium. Dia sangat tahu bagaimana cara merawat ikan koi .