Subscribe:

Pages

Obat Maag Tradisional



Sakit maag seringkali menjengkelkan. Pola makan yang tidak teratur, stress, terlalu banyak minum kopi, diyakini bisa memicu naiknya asam di lambung yang menimbulkan penyakit maag. Namun, ternyata sakit maag bisa diobati dengan mudah dan murah, yakni dengan mengkonsumsi kunyit.


Kunyit merupakan tanaman yang telah banyak diteliti untuk digunakan sebagai obat sakit maag. Kunyit (Curcuma longa atau C domestica) yang merupakan juga bumbu dapur ini, termasuk yang paling dikenal masyarakat sebagai obat tradisional yang paling mujarab sembuhkan maag. Hasil penelitian yang sudah dilakukan sejak tahun 1953, menyebutkan sifat-sifat kunyit dapat menyembuhkan luka di lambung. Hasil penelitian menunjukkan, dengan kunyit laju penyembuhan meningkat 23,3% pada kelinci dan 24,4% pada tikus.
Pada penelitian tersebut, pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung. Bahkan, penyembuhannya dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.

Selain mengonsumsi kunyit yang telah diolah menjadi minuman, penderita maag dianjurkan pula untuk makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Dengan mencampur tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antasid, dan astringent, akan dapat diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka pada usus. Dosisnya masing-masing 165 mg/kg bobot badan untuk jus kunyit dan 10 gram/kg bobot badan untuk bubuk kunyit.

Jadi tak ada salahnya mencoba sering mengkonsumsi kunyit, baik untuk penyembuhan maupun pencegahan penyakit maag. Karena khasiat kunyit sebagai penyembuh maag ini sudah terbukti teruji secara klinis.***