Subscribe:

Pages

Cegah Diabetes Dengan Makan Ikan

Gemar makan ikan? Digoreng, dikukus atau dipepes sama enaknya. Ikan yang memiliki nilai gizi tinggi ini baik untuk otak. Makan ikan setiap hari bisa mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung serta penyakit kronis lainnya.

Ikan memiliki nutrisi tinggi. Manfaatnya yang baik buat tubuh sudah dikenal ratusan tahun silam. Tidak hanya untuk perkembangan otak, protein dan kandungan omega-3 pada ikan juga sangat diperlukan tubuh untuk mencegah diabetes.

Sebagian penduduk Spanyol memiliki kebiasaan sehat dengan gemar makan ikan. Mereka yang banyak makan ikan diketahui memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit diabetes dibanding mereka yang sedikit atau tidak sama sekali tidka makan ikan.

Hal ini terbukti dengan adanya penelitian oleh University of Valencia's Mercedes Sotos Prieto yang melibatkan 945 orang berusia 55-80 tahun yang beresiko tinggi penyakit jantung. Mereka diberi makan ikan secara teratur. Hasil yang didapat, mereka yang makan ikan memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes dibanding yang sedikit atau tidak sama sekali.

Menurut Journal Nutricion Hospitalaria, ikan merupakan pilihan protein hewani yang cukup baik dibanding dengan daging merah. Sebab mereka yang gemar makan daging merah seperti sapi, kerbau, domba, kambing, kuda, babi dan lain-lain, bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, darah tinggi, diabetes hingga kanker.

Menurut Spain's University of Valencia, untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein hewani, ikan bisa dijadikan solusi jitu. Sebab asam lemak tak jenuh dan omega3 nya yang biasa disebut eikosapentaenoat (EPA) dan dakosaheksaenoat (DHA) berkhasiat baik untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes.

Para penelitipun menjelaskan bahwa omega3 pada ikan tidak hanya berfungsi baik untuk otak, tetapi juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel otot yang baik untuk sensitifitas insulin, suatu senyawa yang bisa menurunkan resiko terkena diabetes.