Subscribe:

Pages

Dengan Belajar Sejarah, Maka Kita Bisa Perbaiki Masa Depan

Kalau kita melihat secara umum tentang aktivitas belajar sejarah , memang biasanya kebanyakan orang tidak begitu tertarik dengannya, banyak sekali alasan yang mereka ucapkan hanya karena belajar sejarah itu rasa-rasanya hanya seperti pelajaran yang mengharuskan kita untuk menghapal, bukan begitu?



Memang benar, kalau belajar sejarah biasanya lebih banyak hapalan karena memang materinya saja berisikan tentang cerita sejarah masa lalu yang akhirnya bisa berkembang seperti sekarang ini, tapi masa iya kita belajar sejarah hanya untuk dihapal? Bukankah kita tahu, kalau otak manusia itu jarang yang bisa mengingat begitu lama tentang suatu hal? Kalau seperti itu, apa manfaatnya dong dari belajar sejarah?

Sebenarnya saya memang kuliah di jurusan Teknologi Informasi , dimana biasanya materi kuliah yang saya pelajari adalah tentang teknologi, dan jarang sekali belajar sejarah tentang teknologi itu sendiri. Meski begitu, yang namanya perkembangan teknologi pasti tetaplah ada sejarahnya, bagaimana teknologi itu bisa hadir dalam kehidupan manusia, maka mau tidak mau saya pun harus belajar sejarah dunia teknologi.

Nah, dari jurusan kuliah Teknologi Informasi saja masih perlu belajar sejarah, apalagi pelajaran-pelajaran yang terkait tentang perkembangan bangsa? Tentu semua jenis pelajaran akan ada sejarah yang perlu kita pelajari, karena untuk apa? Tentu saja, dengan kita belajar sejarah dari materi di dalam pelajaran tersebut, maka kita jadi bisa tahu bagaimana kita harus melangkah ke depannya atau cara mengembangkan ilmu tersebut.

Jadi mungkin kalau memang kita benar-benar ingin mengembangkan suatu ilmu, maka belajar sejarah memang wajib untuk kita pahami, sehingga kalau sejarah cuma untuk hapalan saja, maka akan kecil sekali manfaat yang akan kita dapatkan setelah kita belajar sejarah dari suatu ilmu pengetahuan.

Apalah artinya suatu ilmu jika tidak mengalami perkembangan, ya gak? Karena dengan semakin berkembangnya suatu ilmu, maka ini akan semakin mempermudah aktivitas setiap hidup manusia. Untuk itu, agar kita bisa mengembangkan suatu ilmu maka kita perlu belajar sejarah dari suatu ilmu itu sendiri, karena seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa dengan belajar sejarah maka kita bisa menentukan langkah cerdas untuk mempelajari sekaligus mengembangkan suatu ilmu, bukan begitu?

Mungkin karena ketidak tahuan kita dulu tentang manfaat dari belajar sejarah, sehingga kita dulu sering kali merasa jenuh jika dihadapkan pada mata pelajaran sejarah, iya kan? Maka sudah sepantasnya kita sekarang untuk merubah pola pikir kita terhadap mata pelajaran sejarah, karena dengan belajar sejarah maka kita bisa memperbaiki masa depan kita.

Sebelum diakhiri saya ingin menegaskan, bahwa belajar sejarah buk `nlah untuk dihapalkan, tapi untuk kita jadikan sebagai pengetahuan agar kita bisa membuat berbagai keputusan serta langkah bijak agar ilmu tersebut bisa terus kita kembangkan, dan dengan berkembangnya ilmu maka semakin mudah pula hidup kita, itulah manfaat belajar sejarah . Semoga bermanfaat