Subscribe:

Pages

Memanfaatkan Akhir Pekan Agar Lebih Maju

Siapa yang tidak senang ketika bertemu dengan akhir pekan ? Tentu hampir semua orang selalu menanti-nanti kedatangan hari itu segera tiba, karena di saat hari-hari terakhir dalam seminggu itulah, kita bisa beristirahat setelah 5 atau 6 hari memeras keringat dan memutar otak sampai 'tuing-tuing' kepala kita. Bukankah seperti itu yang kita harapkan dari hari-hari akhir pekan?



Meski sebenarnya akhir pekan kemarin ini benar-benar sangat diharapkan oleh ayah saya agar bisa beristirahat, tapi sepertinya harapan tersebut harus ditunda terlebih dahulu dikarenakan, hari Sabtu sore kemarin setelah ayah saya pulang dari aktivitas mengajarnya, dia kedatangan cukup banyak tamu, tidak hanya 1 atau 2 kali bel pintu berbunyi, tapi sampai sekitar 5-6 kali bel pintu berbunyi!

Sebenarnya saya merasa kasihan terhadap kesibukkan yang ayah saya alami, karena seharusnya biasanya di akhir pekan kemarin, ayah saya bisa bersantai bersama ikan-ikan kesayangannya di kolam, tapi sepertinya demi perjuangannya untuk mendapatkan "Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan" atau biasa disingkat NUPTK , ayah saya harus melewati akhir pekan dengan kesibukannya.

Sebenarnya sih tidak hanya berurusan dengan NUPTK saja, tapi dikarenakan ayah saya ini juga merupakan anggota kepengurusan desa, maka beberapa tamu dari perangkat desa pun banyak yang bertamu ke rumah. Meski ayah saya sudah melewatkan akhir pekan dengan kesibukan, tapi masih ada begitu banyak ekspresi kebahagiaan dari wajahnya yang ditampilkan pada saat ikut menghibur cucunya yang berumur 4 tahun, karena jengkel sampai menangis.

Dan kira-kira seperti itulah sedikit cerita tentang kesibukan ayah saya kemarin, dimana dia melewatkan akhir pekan dengan kesibukannya. Dari sini sebenarnya kita bisa sedikit melihat kira-kira apa yang bisa kita manfaatkan di akhir pekan agar bisa membuat kita lebih maju dalam meningkatkan kualitas pribadi kita di masa depan .Kira-kira hal apakah itu?

Memang sebenarnya kita sangat mengharapkan akhir pekan itu adalah untuk beristirahat total, ya kan? Karena mungkin, jika kita bisa beristirahat penuh di akhir pekan, maka di hari-hari kerja selanjutnya kita jadi memiliki energi yang lebih optimal, bukan begitu? Tapi saya ingin bertanya, apakah dengan beristirahat penuh maka ini bisa meningkatkan kualitas pribadi kita?

Sebenarnya beristirahat di akhir pekan memang sah-sah saja dan tidak ada yang melarang, tapi kalau sampai kita melewatkan kesempatan dimana kita bisa bebas melakukan berbagai hal, bukankah sepertinya ada hal yang kita sia-siakan? Benar kan, kalau biasanya di akhir pekan, maka kita bisa bebas mau melakukan apa saja, kan hari kerja atau sekolah sudah usai?

Tapi tahukah Anda, bahwa sebenarnya kita masih bisa beristirahat, akan tetapi dalam istirahat kita itu, ada berbagai hal yang bisa kita lakukan agar juga bisa mendukung peningkatan kualitas pribadi kita? Apa sajakah itu? Seperti misalnya saja adalah bersosialisasi, berolahraga, atau mereview kembali setiap hasil kerja atau sekolah kita beberapa hari kemarin, atau bisa juga melakukan aktivitas pendukung yang bisa meningkatkan karir kita, seperti kesibukan yang dialami di akhir pekan ayah saya kemarin itu.

Dengan kita memanfaatkan akhir pekan dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat, maka kita juga jadi tetap bisa menjaga agar otak kita terus berpikir, karena dengan kebiasaan otak yang terus berpikir maka akan menghindarkan kita dari kebiasaan para pemalas. Karena kalau sudah malas, biasanya akan cukup sulit untuk memulai hal-hal yang di luar zona nyaman, dan itu akan cukup berbahaya jika kita berhadapan lagi pada hari kerja atau sekolah.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita manfaatkan di akhir pekan sembari kita beristirahat, tetapi juga bisa meningkatkan kualitas pribadi kita. Jadi tidak selamanya akhir pekan itu hanya untuk malas-malasan kan? Jika kita pintar memanfaatkan kesempatan yang ada, maka bukan tidak mungkin kalau akhir pekan bisa menjadi batu loncatan untuk membuat kita menjadi lebih maju. Semoga bermanfaat