Subscribe:

Pages

Jurus Mempengaruhi Orang Lain

Beberapa waktu terakhir ini secara tidak disengaja sepertinya saya sudah mulai bisamempengaruhi orang lain, entah apa yang sudah saya lakukan tapi sepertinya teman-teman dekat saya sudah mulai banyak yang 'nurut' dengan keinginan saya.Meski begitu, ini bukan karena jurus yang ada di bukunya Dale Carnegie, yang berjudul "How to Win Friends & Influence People" loh, karena apa?



Karena dalam mempengaruhi orang lain tersebut, saya sama sekali belum pernah membaca buku tersebut, jadi kejadian ini adalah karena faktor keberuntungan saja.Jadi jangan heran kalau mungkin jurus yang ingin saya sharingkan di sini, berbeda dengan yang dituliskan dalam buku tersebut, karena memang saya bisa mempengaruhi orang lain tanpa disengaja.

Kalau dibilang tidak disengaja memang benar, karena dalam mempengaruhi orang lain kemarin-kemarin itu saya belum begitu menyadarinya dengan apa yang sudah saya lakukan kepada teman-teman saya itu. Tapi setelah diingat-ingat dengan apa yang sudah saya lakukan itu, sepertinya ada hubungannya dengan perubahan mental pada diri saya sejak tahun lalu.

Ketika itu saya benar-benar sama sekali tidak bisa mempengaruhi orang lain karena memang mental saya saat itu adalah mental seorang yang terlalu sering pesimis.Jangankan mempengaruhi orang lain, malah justru saya yang ketika itu paling sering dipengaruhi oleh teman-teman saya , bukannya menjadi lebih baik tapi justru semakin membuat saya tidak percaya dengan diri saya sendiri.

Maka dari kejadian semenjak saya sudah mulai memiliki mental yang selalu optimis, akhirnya saya pun juga mulai bisa terbebas dari lingkungan yang penuh racun itu.Setelah saya terbebas dari lingkungan tersebut, maka dimulailah 'aksi-aksi' saya dalam mempengaruhi orang lain .

Karena dari mental optimis tersebut sehingga membuat pikiran saya menjadi berkomitmen untuk menjadi lebih baik di masa depan , maka secara tidak disengaja pun mental saya ini mulai mempengaruhi orang lain, dan tidak terkecuali dengan lingkungan saya yang terdahulu. Memang sih, pengaruh yang saya berikan kepada mereka sepertinya tidak terlalu besar, tapi paling tidak saya sudah berhasil mempengaruhi orang lain agar mau melakukan seperti yang saya inginkan.

Seperti misalnya mengajak untuk segera mengerjakan tugas kelompok bersama. Jika dibandingkan yang dulu, yang namanya tugas kelompok hampir setiap saat baru akan dikerjakan setelah waktunya mepet dengan batas waktu pengumpulannya.Tapi setelah saya menguasai jurus mempengaruhi orang lain yang sederhana ini, akhirnya saya bisa mengontrol anggota kelompok saya agar mau segera mengerjakan tugas kelompok yang ada.

Nah, dari sini bisa kita lihat seperti apa sebenarnya jurus mempengaruhi orang lain yang ingin saya sharingkan kan? Jadi sebenarnya jurus sederhana tersebut adalah,menjadi diri sendiri dan yakin dengan cara pandang atau pola pikir kita sendiri, karena kalau kita sendiri saja tidak yakin dengan diri kita sendiri, bagaimana orang lain juga bisa yakin terhadap pemikiran kita? Ya nggak?

Apakah untuk bisa yakin dengan diri kita sendiri itu sulit? Tentu saja tidak lah, buktinya sejak beberapa waktu yang lalu saya sedikit demi sedikit juga mulai bisa mengontrol anggota kelompok saya. Kita hanya perlu membangun kebiasaan mental yang optimis agar bisa yakin dengan diri kita sendiri, karena itu merupakan kunci keberhasilan jurus mempengaruhi orang lain yang masih cukup sederhana ini.

Sebelum diakhiri, saya ingin menyampaikan kalau jurus mempengaruhi orang lain ini memang berhasil pada diri saya, tapi saya tidak bisa menjamin jurus mempengaruhi orang lain yang sederhana ini juga akan berhasil pada diri Anda kalau memang benar mencobanya. Tapi kalau memang ingin berhasil dalam mempengaruhi orang lain , maka sudah sewajarnya bagi kita untuk yakin pada diri sendiri terlebih dahulu.Semoga bermanfaat