Subscribe:

Pages

Hati-hati dengan jajanan Pasar Berbahaya

Apakah anda seorang yang suka wisata kuliner, terutama jajanan pasar??Kebanyakan orang pasti suka jajanan pasar, karena selain harganya yang terjangkau, makanan yang ada juga beraneka ragam. Kue-kue jajanan pasar itu ada berbagai macam, mulai dari makanan atau kue semasa kecil, seperti onde-onde, risoles, lartabak, bakwan, lumpia, serabi dan masih banyak lagi sejenisnya.Ukurannya pun beragam, muai dari yang berukuran kecil, sedang sampai besar.



Rata-rata ibu-ibu membeli jajanan pasar untuk event-event tertentu. Misalnya untuk arisan, pengajian, sunatan, atau acara lainnya. Jenis makanannya pun bisa dipilih sesuai dengan yang kita mau.

Meski jajanan pasar enak, murah dan beraneka ragam, ternyata makanan ini juga tak lepas dari tangan jahat para oknum yang tidak bertanggung jawab. Kabarnya, jajanan pasar kini juga banyak yang mengandung boraks dan bahan kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan kita. Efek jangka panjangnya adalah penyakit gagal ginjal, kanker, jantung dan penyakit berbahaya lainnya.



Bagaimana cara membedakannya?

Intinya sih kita sebagai pembeli harus lebih teliti dan jeli dalam memilih makanan. Jika memang tampilannya kurang meyakinkan, misalnya karena warna atau baunya yang kelewat mencolok, sebaiknya jangan dibeli. Anda juga bisa bertanya kepada si penjual untuk meyakinkan masa kadaluarsa makanan. Lalu, anda juga bisa berkonsultasi kepada teman atau pelanggan jajanan pasar lainnya. Karena biasanya orang yang suka membeli bisa mengetahui bedanya.



Seram juga sih, pasalnya yang namanya jajanan pasar itu kan rasanya enak. Apalagi saya paling suka onde-onde, kelepon, putri ayu dan kueku. Jadi agak sedikit was was. Tapi jangan khawatir. Karena pasti masih ada penjual yang jujur. Ya, intinya sih tetap pintar-pintarlah dalam memilih! Hehehe