Subscribe:

Pages

Si Mbah dan Sendal Jepit





Hari ini tumben Si Mbah ndak Sholat Jum’at bareng saya dan Temon…memang rasanya ada yang kurang tanpa kehadiran Si Mbah…yah…mau ndak mau saya pulang berdua Temon. Ndak berselang lama…sesampainya saya di Warung Kopi Susu dan sedang leyeh-leyeh tiba-tiba Si Mbah nongol dari pintu tanpa bersendal aliasNyeker…..dengan muka asem sambil misuh-misuh (marah-marah) sendiri…Si Mbah duduk dekat saya.

Saya : “Lho kok Nyeker Mbah…Misuh-misuh lagi…kenapa to Mbah…?”

Si Mbah : “Si Mbah itu misuh-misuh sama diri Si Mbah sendiri le…”

Saya : “Halah…Si Mbah ini…emang’e ada apa to…?”

Si Mbah : “Wis…jan…tadi itu sengaja Si Mbah Sholat Jum’at di Masjid besar…soalnya yang ceramah Kyai Kondang….makanya Si Mbah lebih rapi dari biasanya…pakai Jas pakai Sepatu…”

Saya : “Walah…Si Mbah ini ganjen….koyo anak muda tenan…hehehe….”

Si Mbah : “Gundulmu…yo ndak ada salahnya to…sekali-kali Si Mbah dandan rapi…”

Saya : “Lha terus kenapa kok pulangnya Nyeker sambil misuh-misuh ndak karuan kaya tadi…?”

Si Mbah : “Yo jelas misuh-misuh to le…lha wong begitu slesai Sholat Jum’at sepatu’ne Si Mbah ilang dicolong sama maling… …”

Saya : “Walaahh…..tapi kok yo misuh-misuhnya sama diri Si Mbah sendiri…yo mestinya misuh-misuhnya itu sama yang nyolong sepatu’ne Si Mbah….”

Si Mbah : “Lha itu kan karena kesalahan Si Mbah sendiri le….”

Saya : “Lho…kok bisa gitu Mbah….harusnya kan salah-nya yang nyolong dong….”

Si Mbah : “Betul le…yang nyolong salah juga…tapi kan yang bikin gara-gara Si Mbah…jadi dosanya dibagi dua…coba tadi Si Mbah pake Sendal Butut…ndak bakalan ada orang yang niat mau nyolong……tapi Si Mbah ikhlas kok le…mungkin yang nyolong sepatu’ne Si Mbah itu orang yang lebih butuh ketimbang Si Mbah…”

Saya : “Hmmm….betul juga sih Mbah…..”

Si Mbah : “Yah…itulah efek dari kesejahteraan yang ndak merata di negri ini le…yangMISKIN makin miskin sementara yang KAYA semakin kaya …sehingga timbullah“KESENJANGAN SOSIAL” yang menyebabkan timbul pula kejahatan…saling pengen memiliki yang bukan hak-nya…padahal le…miskin atau kaya itu kan cobaan…harusnya kita syukuri nikmat Alloh itu…rak yo ngono to le…?”

Saya : “Walah…Si Mbah ini lho…kok pinter ngayem-ayemi…”

Si Mbah : “Lha…kenyataan-nya emang gitu kan le….piye to…?”

Saya : “Ya betul juga sih Mbah…meskipun kita ndak kaya….tapi saya masih bersyukur kok Mbah….karena masih banyak orang yang nasibnya di bawah kita….”

Si Mbah : “Lha itu ngerti…yo wis kene…minjem sendal jepitmu…Si Mbah tak pulang sik ganti baju…”

Saya : “Bentar Mbah…tak ambilin…(setelah beberapa saat)….Ini Mbah…tadi ndak sengaja kesiram minyak bekas goreng ikan asin….jadi agak bau dikit….ndak apa-apa to Mbah…?”

Si Mbah : “Yo ndak popo…udah sini…” (tapi belum sempet Si Mbah make sendal yang saya kasih…..seekor kucing yang sedari tadi duduk dibawah bangku Si Mbah tiba-tiba mengendus-endus lalu menggigit sendal yang bau ikan asin itu dan membawanya kabur….)

Si Mbah : “Owalaahhh….kucing siyalaaann…sendal belom dipake kok yo di bawa kabur….semprul ngarit…parmin macul…@?#*&#@?!!!!!”

Saya : “Kekekekeh…..”