Subscribe:

Pages

Mengatasi Komputer Lambat / LEMOT

Mengatasi Komputer Lambat / LEMOT - Pernahkah Anda rasakan, makin lama PC terasa semakin lambat, baik dalam membuka suatu aplikasi, maupun ketika mencari data? Apakah ini Cuma perasaan saja?
Bisa jadi ini bukan perasaan, tapi kenyataan yang Anda hadapi. Beragam sebab bisa menjadi pemicu kelambatan PC tersebut, bisa karena hardware maupun software-nya. Untuk mengatasi masalah Komputer lambat atau lemot, beragam cara bisa dilakukan. Memang yang paling mudah adalah menginstal ulang seluruh sistem Anda. Namun, ini tentu bukan jalan yang terbaik. Selain merepotkan, Anda juga tidak akan tambah pintar troubleshooting. Cara paling efektif buat mengidentifikasi sekaligus mengatasi masalah semacam ini adalah dengan menempuh beberapa langkah. Biasanya langkah-langkah ini cukup jitu untuk meningkatkan kembali performa PC Anda agar kembali seperti sediakala.
memperbaiki komputer yang lambat 300x259 Cara Mengatasi Komputer Lambat/Lemot

Banyak cara untuk Mengatasi Komputer Lambat / LEMOT, dengan tips trik berikut:
  1. Pasang Antivirus 1 saja..jangan kebanyakan karena akan memakan banyak space memory.
  2. Lakukan Cek disk HardDisk anda secara rutin__klik start__pilih run__ketik chkdsk C:__enter__kemudian untuk D, E dan seterusnya jika mempunyai banyak Path Drive.
  3. Percepat StartUp Booting__buka system properties dengan cara tekan key win+pause break__pilih Tab Advanced__pada Startup and Recovery__pilih Settings__hilangkan tanda centang pada …display list of…dan pada…display recovery…beri nilai 1.  Alternatif mudah mempercepat Startup adalah dengan aplikasi StartupSlowFix 
  4. Percepat start-up menu caranya: klik start – run – ketik regedit – klik OK – masuk Registry Editor – klik-HKEY_CURRENT_USER – Control Panel – Desktop – pada jendela kanan double klik MenuShowDelay – ganti Value data yang defaultnya 400 menjadi 0 (nol) – klik Ok – tutup Registry Editor.
  5. Menonaktifkan atau mengurangi semua fitur grafik dan efek di WinXP.Caranya : klik kanan di My Computer – Properties – Advanced – ada 3 menu setting – pilih Setting Performance (paling atas) , matikan semua fitur yang anda rasa tidak perlu dengan menghilangkan tanda centangnya atau anda bisa memilih adjust for best performance untuk menonaktifkan semuanya.
  6. Hapus Prefetch. caranya: klik-kanan menu start – explore – windows – Prefetch – hapus semua yang ada di folder Prefetch tersebut. ini boleh anda lakukan setiap waktu bila isi folder Prefetch sudah banyak.
  7. Menonaktifkan start-up program yang tidak perlu.caranya: klik start – run – ketik msconfig – klik Ok – masuk System Configuration Utility – klik startup (kanan atas) hilangkan centang pada list program yang anda anggap tidak perlu-restart PC anda.
  8. Sesering mungkin mendefrag dan melakukan clean up. Terutama setelah men-download file yang cukup besar
  9. Jangan lupa untuk ber-internet bagi yang masih menggunakan browser internet explorer….Browser Mozilla firefox memiliki Performance yang jauh lebih baik (download gratis), yang tentunya menambah kecepatan akses membuka program internet anda.
langkah di atas juga bisa membantu mempercepat booting window 7