Subscribe:

Pages

Pengertian Harddisk

Pengertian Harddisk bukanlah sesuatu yang baru untuk telinga kita, tetapi biasanya kita hanya cukup memegang, memasang, dan mengetahui ukuran harddisk tapi sulit sulit mendefinisikan sebenarnya apa pengertian harddisk, kalau di artikan secara singkat yang memang benar harddisk adalah media penyimpanan pada komputer, tapi sekarang saya akan mencoba menjabarkan lebih panjang tentang pengertian harddisk.
Harddisk adalah media penyimpan data yang dirancang untuk menyimpan data dengan kapasitas besar. Tujuan harddisk dibuat karena tidak semua program atau aplikasi bisa disimpan dalam satu disket atau satu flash disk dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.  Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket atau flashdisk tentu sangat jauh, ini disebabkan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa.
hd6 Pengertian Harddisk

Seiring dengan pesatnya perkembangan Sekarang ini Kapasitas harddisk sudah mencapai ratusan Giga byte. Ini memungkinkan kita untuk memperoleh kecepatan akses yang lebih baik, selain itu kerapatan data juga semakin tinggi. Teknologi baru dari Western digital telah mampu membuat harddisk 200GB dengan kecepatan 7200RPM. Sedangkan Maxtor dengan Maxtor MaxLine II-nya yaitu harddisk berukuran 300GB dengan kecepatan 5400RPM. Beriringan dengan transisi ke ukuran harddisk yang lebih kecil dan kapasitas yang semakin besar terjadi penurunan dramatik dalam harga per megabyte penyimpanan, membuat hardisk kapasitas besar tercapai harganya oleh para pemakai komputer biasa.