Subscribe:

Pages

Gurihnya Tahu Lamping Kopeci Kuningan


Kunjungan pertama ke Kuningan beberapa tahun silam, saya belum mengenal salah satu oleh-oleh khas ini. Tahu Kopeci ini baru saya dengar namanya ketika ketika kunjungan kali kedua_yang di-guide langsung teman-teman dari Cirebon. Namanya yang unik membuat saya kepikiran bagaimana bentuk dari tahu ini. Jangan-jangan tahunya make peci ya? Haha!
Tahu Kopeci atau Tahu Lamping ini bisa di temukan di sekitar Jalan Veteran Jagabaya Kuningan. Di sepanjang jalan ini kedai-kedai tahu ‘mangkal manis’ di sisi jalan. Salah satu kedai tahu yang rame banget dijejali pengunjung adalah Kedai Tahu Kopeci_tempat dimana saya akhirnya berkenalan dengan tahu gurih yang dalamnya padat ini.
Tampak luar Tahu Kopeci ini memang tampak layaknya seperti tahu biasanya, namun ketika satu gigitan dua gigitan lantas gigitan-gigitan berikutnya maka akan tampak kekhasannya. Tahu ini gurih dan dalamnya padat berwarna putih dan halus, nggak kosong kayak tahu pong. Salah s`tu yang mungkin menambah maknyus adalah tahu ini digoreng dalam keadaan segar-bugar-bahagia-dan sejahtera! Halah.
Apabila berkunjung langsung ke kedai tahu dengan plang besi yang sudah berkarat bertuliskan ‘Tahu Kopeci’ maka pengunjung bisa melihat langsung bagaimana tahu-tahu segar itu digoreng dalam wajan raksasa oleh perempuan yang perkasa (wanita sakti kalau kata salah satu teman saya).  Sedangkan salah satu teteh yang lain sibuk melayani pembeli yang berjubel untuk antri membeli tahu. Karena ruangan kedai ini merangkap dapur buat menggoreng tahu, maka ketika tahu-tahu itu dibungkus dalam ‘tas’ berupa anyaman bambu yang dilapisi kertas maka tahu-tahu yang dibawa pulang pun masih dalam kondisi panassss!!!
Tahu Kopeci yang memiliki nama asli Tahu Lamping ini memang identik dengan Kuningan. Nama Tahu Lamping sendiri menurut informasi yang saya dapatkan merujuk pada lokasi awal pembuatan tahu ini yaitu di lamping Gunung Ceramai atau di pinggir Gunung Ceramai.
Berencana berkunjung ke Kuningan/Cirebon? Jangan lupa membawa satu ‘tas jinjing’ bambu yang berisi Tahu Kopeci ini. Sedangkan, untuk harga per potong tahu, sebenarnya saya kurang ngerti karena (hening sejenak) kemarin itu dibeliin!  Hahaha.
*Makanan lain yang dijual di Tahu Kopeci*