Subscribe:

Pages

Secangkir Kenikmatan Di Sepanjang Waktu




Jangan mengaku pecinta kopi bila tidak tahu apa itu espresso, macchiato, caffe latte, cappucinno, moccacino, dan tentunya kopi isntan. Selain tahu nama tentu juga harus tahu cara penyanjian masing-masing kopi tersebut.


Tulisan ini ditujukan sekedar untuk menambah wawasan dan siapa tahu Anda malah tertarik untuk mencoba meracik sendiri kopi dengan aneka nama tersebut. Atau barangkali terinspirasi membuka kedai kopi? Mari kita berbincang sejenak sambil menunggu kopi tersaji.


Espresso
Sebutan untuk kopi murni yang diseduh dengan air panas tanpa tambahan apapun seperti krim atau susu. Kopi jenis ini disajikan kental dan bahkan diminum tanpa gula. Kopi espresso di Indonesia dikenal dengan sebutan kopi tubruk atau kopi tanpa ampas.


Macchiato
Jenis penyajian kopi hitam dicampur dengan susu atau krim, atau busa panas. Kopi jenis ini masih menyisakan rasa kopi yang dominan.


Caffe Latte
Kopi hitam encer yang ditambahkan dengan dua atau tiga kali takaran susu dari cangkir besar sehingga memiliki rasa dan aroma antara susu dan kopi yang seimbang. Sajian seperti ini lazim dikenal dengan sebutan kopi susu.


Cappuccino
Sebutan untuk kopi hitam yang diberi susu panas yang dibusakan. Cappuccino bisa diminum tanpa menggunakan gula dan tentu saja bagi yang menyukai rasa lebih manis maka gula pasir atau gula cair bisa juga ditambahkan.


Moccacino
Kopi espresso atau kopi hitam yang ditambah busa susu panas dan taburan remahan coklat atau bubuk coklat di atasnya.


Kopi instan
Jenis kopi ini disajikan dalam bermacam-macam variasi, bisa dengan tambahan susu, krim, mocca, atau plain (murni tanpa tambahan). Kopi ini mudah di dapat dan sudah di kemas dalam sachet. Terdapat pilihan kopi instan yang bisa diseduh air dingin atau kopi susu dengan ampas kopi yang halus dan lembut.